Selasa, 29 Desember 2009

Laut Tawar Terpilih Tuan Rumah Kongres Masyarakat Adat

JKMA Lut Tawar Aceh Tengah terpilih sebagai tuan rumah Kongres ke-III Komunitas Masyarakat Adat Aceh. Pemilihan dilakukan oleh Empat belas Dewan Adat Jaringan Komunitas Masyarakat Adat (JKMA) Aceh dalam rapat kerja tanggal 29 -30 Desember 2009 (Raker) di Wisma Daka Banda Aceh, Selasa (30/12). Tiga tahun lalu kongres ke-2 berlangsung di Lhong Kabupaten Aceh Besar.

Tujuh suara memenangi Aceh Tengah sebagai tuan rumah. “Dalam pemilihan terpilih dengan 7 suara mengalahkan JKMA Pulo Weh Sabang hanya 3 suara. Sedangkan 4 suara abstain tidak memilih ucap M Irwan, Ketua Panitia Pelaksana Raker JKMA Aceh.

Muhammad Hatta, Dewan Adat JKMA Lut Tawar mengatakan siap menjadi tuan rumah dan menampung seribu peserta tokoh adat Adat di Aceh Tengah dan Bener Meriah. “Sangat bersyukur terpilihnya JKMA Lut Tawar sebagai tuan rumah dalam Kongres masyarakat Adat Aceh ke-3. Malahan sekarang Bener meriah, setiap mukim membuat pakaian adat gampong untuk di pakai pada setiap acara adat, ucap pak hatta dengan semangat.

JKMA Pulo Weh Sabang tidak terpilih, hanya 3 suara memberi suara. “Kami coba menawarkan diri menjadi tuan rumah, dewan Adat tidak memilih kami, kami terima” ucap Tgk Mahdi Umar. Dewan Adat Sabang mengatakan berbeda pendapat adalah hikmah, kami mendukung sepenuhnya di kongres masyarakat adat di Aceh Tengah, yang penting naitnya demi kebaikan dan JKMA Aceh berdiri di tengah masyarakat, ucap Tgk Mahdi tokoh Adat Sabang.[]

0 komentar: